HIRAGANA/ひらがな part 1


hiragana

Hiragana adalah salah satu cara penulisan b.jepang dan mewakili sebutan suku kata, waktu zaman dulu hiragana sering di gunakan oleh kaum perempuan makanya hiragana juga di kenal sebagai 女手(onna de=tulisan wanita) sedangkan kaum laki2 pada masa itu menggunakan kanji dan katakana. Hiragana mulai di gunakan secara luas pada abab ke-10 masehi.

itu adalah sedikit sejarah tentang hiragana, ok kita akan langsung belajar hiragana aja ya, let’s go!
oh iya sebelum mulai menghafal, kita sebaiknya harus tahu dulu kapan huruf hiragana di gunakan.

Hiragana di gunakan pada saat
1. untuk menulis okurigana, dah pada tau belum apa itu okurigana?=.=a
okurigana ialah akhiran kata dari kata kerja, kata sifat, dll seperti ini misalnya : 読む=yomu, nah huruf む(mu) itulah yang disebut okurigana. kenapa kata kerja dan kata sifat di akhirnya di tulis dgn hiragana? itu supaya bisa di buat konjugasinya, ntar kita akan belajar tentang konjugasi di bab belakangan.:)
2. untuk menulis kata-kata yang tidak di ketahui tulisan kanjinya atau sudah lama tidak di gunakan.
3. untuk menulis bahan bacaan anak2 seperti buku text, animasi, dan komik
4. untuk menulis furigana, yaitu hiragana kecil yg ada di atas huruf kanji untuk menandakan bagaimana suatu kanji dibaca. coba aja kalian liat di lagu2 OST anime, ada text kanji dan biasanya juga di sertai dengan furigananya.

nah udah tau kan gimana kegunaan hiragana,
next mari kita menghafal hiraganaXD, jika kalian tidak mau menghafal huruf hiragana jangan harap kalian bisa bahasa jepang,

berikut adalah list huruf2 hiragana, silahkan lihat dan hafal ya;)

SEION /清音
;
あ=A い=I う=U え=E お=O

か=KA き=KI く=KU け=KE こ=KO

さ=SA し=SHI す=SU せ=SE そ=SO

た=TA ち=CHI つ=TSU て=TE と=TO

な=NA に=NI ぬ=NU ね=NE の=NO

は=HA ひ=HI ふ=FU へ=HE ほ=HO

ま=MA み=MI む=MU め=ME も=MO

ら=RA り=RI る=RU れ=RE ろ=RO

やYA ゆYU よYO

わWA ゐWI  ゑ=WE を=WO

ん=N

※huruf yang berwarna merah adalah huruf2 yang tidak beraturan
※huruf berwarna biru adalah huruf2 yang sekarang tidak digunakan lagi, jd yg biru tidak perlu dihafal jg gapapa:-=

sebenarnya masih ada lagi huruf2 hiragana selain di atas,ada dakuon,handakuon dan yoon lg, tapi untuk hari ini, hiragananya segini dulu ya, ntar besok riizhu post lagi deh:D, di hafal dulu yang ini;) paling 2hari juga kamu pasti hafal

SELAMAT MENGHAFAL
GANBATTE
**つづく**

Tentang riizhu

just an ordinary human:)
Pos ini dipublikasikan di bahasa jepang. Tandai permalink.