カタカナ/KATAKANA


KATAKANA

Katakana ialah salah satu dari huruf dasar bahasa jepang

Katakana digunakan pada saat ;
1. untuk menulis kata serapan dan istilah/nama/benda asing.
2. untuk menulis onomatopoeia(efek bunyi)dalam tulisan. seperti di manga kan ada tuh(klo ga dirubah ke huruf latin) biasanya di manga2 online ada.
3. untuk menekankan suatu kata. contohnya ada di lyricnya YUI nih di lagu green a.live 「アタシが無くしたものは何?」=(apakah aku kehilangan sesuatu?)

4. untuk menuliskan cara baca on(onyomi)kanji dalam kamus

sudah tau kapan menggunakan katakana kan, berikutnya mari menghafalXD, jika kalian sudah hafal hiragana, huruf ini akan terasa sangat mudah.

BERIKUT ADALAH LIST KATAKANA

SEION/清音

ア=a イ=i ウ=u エ=e オ=o

カ=ka キ=ki ク=ku ケ=ke コ=ko

サ=sa シ=shi ス=su セ=se ソ=so

タ=ta チ=chi ツ=tsu テ=te ト=to

ハ=ha ヒ=hi フ=fu ヘ=he ホ=ho

ナ=na ニ=ni ヌ=nu ネ=ne ノ=no

マ=ma ミ=mi ム=mu メ=me モ=mo

ラ=ra リ=ri ル=ru レ=re ロ=ro

ヤ=ya   ユ=yu   ヨ=yo

ワ=wa ヰ=wi  ヱ=we ヲ=wo

ン=n

dakuon/濁音

ガ=ga ギ=gi グ=gu ゲ=ge ゴ=go

ザ=za ジ=ji ズ=zu ゼ=ze ゾ=zo

ダ=da ヂ=ji ヅ=dzu デ=de ド=do

バ=ba ビ=bi ブ=bu ベ=be ボ=bo

handakuon/半濁音

パ=pa ピ=pi プ=pu ペ=pe ポ=po

YOON SEION

キャ=kya キュ=kyu キョ=kyo

シャ=sha シュ=shu ショ=sho

チャ=cha チュ=chu チョ=cho

ヒャ=hya ヒュ=hyu ヒョ=hyo

ニャ=nya ニュ=nyu ニョ=nyo

ミャ=mya ミュ=myu ミョ=myo

リャ=rya リュ=ryu リョ=ryo

YOON DAKUON

ギャ=gya ギュ=gyu ギョ=gyo

ジャ=ja ジュ=ju ジョ=jo

ヂャ=ja ヂュ=ju ヂョ=jo

ビャ=bya ビュ=byu ビョ=byo

YOON HANDAKUON

ピャ=pya ピュ=pyu ピョ=pyo

※huruf yang bercetak merah adalah huruf yang memiliki bacaan irregular.
※huruf yang bercetak biru adalah huruf yang dizaman sekarang tidak digunakan lagi.

nah mudah kan? atau jangan2 baru sekali liat kalian sudah hafal:o :Dok ok, hari ini segini dulu, berikutnya kita akan belajar katakana modern yang tidak ada padanan hiragananya:-=
☆つづく☆

Tentang riizhu

just an ordinary human:)
Pos ini dipublikasikan di bahasa jepang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s