BELAJAR BAHASA JEPANG : KATA KERJA


hallo minna, kita ketemu lagi:), yuk kita belajar bahasa jepang lagi, biar cepet pinternya:D, hari ini kita belajar tentang kata kerja ya(hug).

Kata kerja dalam bahasa jepang disebut 動詞(doushi), dan doushi bahasa jepang di kelompokan dalam empat kelompok, sebut saja kelompok 1, 2, 3 dan 4, yg pertama kita tentunya kelompok 1 dulu ya;).

1. kata kerja kelompok 1 : yaitu kata kerja yang berakhiran U, RU, TSU SU, MU, BU, NU, KU, GU seperti 買う(kau)=membeli、勝つ(katsu)=menang、死ぬ(shinu)=mati、呼ぶ(yobu)=memanggil、dll.
Untuk mengubah kata kerja kelompok 1 kebentuk negatifnya, ubah dulu huruf hiragana yg huruf vokalnya U ke huruf vokal A dan tambahkan NAI di akhirnya, misalnya 呼ぶ(yobu)→ganti ぶ(bu) ke ば(ba), 呼ば(yoba)→ tambahkan ない(nai), menjadi 呼ばない(yobanai)=tidak memanggil, 待つ(matsu)=menunggu→待たない(matanai)=tdk menunggu, 死ぬ(shinu)=mati→死なない(shinanai)=tidak mati 読む(yomu)=membaca→読まない(yomanai)=tidak membaca、話す(hanasu)=berbicara→話さない(hanasanai)=tidak berbicara、送る(okuru)=mengirim→送らない(okuranai)=tdk mengirim 書く(kaku)=menulis→書かない(kakanai)=tdk menulis 急ぐ(isogu)=bergegas→急がない(isoganai)=tdk bergegas, khusus untuk yang berakhiran U kamu hrs merubahnya ke WA bukan A ya;) 買う(kau)=membeli→買わない(kawanai)=tdk membeli, dan ada satu kata kerja pengecualian di sini(hug) yaitu ある(aru)=ada yg bentuk negatifnya adalah ない(nai) bukan あらない(aranai) ya, recall it:p/

2. kata kerja kelompok 2 : yaitu kata kerja yang di akhirnya IRU/ERU(klo dibaca secara romajinya) seperti : 答える(kotaeru)=menjawab、見る(miru)=melihat dll
dan cara mengubah kebentuk negatifnya sedikit lebih mudah dari kata kerja kelompok 1 td, caranya cukup buang る(ru) dan tambahkan ない(nai). misal : 見る(miru)=melihat→見ない(minai)=tdk melihat, 答える(kotaeru)=menjawab→答えない(kotaenai)=tdk menjawab, 忘れる(wasureru)=melupakan→忘れない(wasurenai)=tdk melupakan, gampang aja kan;) ok next ya.

3. kata kerja kelompok 3 : yaitu kata kerja yang berakhiran する(suru) seperti : 勉強する(benkyou suru)=belajar、運転する(unten suru)=menyetir、愛する(aisuru)=mencintai^^.
SURU artinya MELAKUKAN, dan kata kerja kelompok 3 ini terbentuk dari gabungan antara NOMINA SURU, kta benda melakukan, dan untuk mengubahnya ke bentuk negatif, cukup ganti する(suru) dengan しない(shinai), 勉強する(benykou suru)=belajar→勉強しない(benykou shinai)=tdk belajar、運転する(unten suru)=menyetir→運転しない(unten shinai)=tdk menyetir 愛する(ai suru)=mencintai→愛しない(ai shinai)=tdk mencintai. paham kan,?riizhu doain moga yg baca tulisan riizhu cepat paham and pinter(hug).

4. terakhir adalah kata kerja golongan 4😀 klo yg ini gampang bangeet dh:p soalnya yg termasuk dalam kelompok ini cuma satu kata kerja doang XDD yaitu 来る(kuru) yang artinya DATANG, dan bentuk negatifnya adalah 来ない(konai)=tidak datang;), itu ajja, ga da yg lain lagi ko(hug).

selesai deh belajar hari ini^^ semoga bermanfaat bagi yang baca ya, di hafal dulu yang ini yua, baru entar kita lanjut lagi(hug)
★つづく★

Tentang riizhu

just an ordinary human:)
Pos ini dipublikasikan di bahasa jepang, kosakata, TATA BAHASA. Tandai permalink.