belajar bahasa jepang : KATA KERJA BENTUK TA


assalamualaikum:), yg kemaren gimana? udah hafal ga cara ngerubah kata kerja kebentuk negatifnya(hug), klo yg blum belajar lagi ya:/.
Kali ini kita masih akan belajar tentang konjugasi doushi(kata kerja), semalem kita ngerubahnya kebentuk negatif, dan sekarang kita akan merubahnya kebentuk -TA(lampau) dan bentuk -TE, langsung aja kita bahas yg pertama(hug).

1. DOUSHI TA KEI(kata kerja bentuk TA) : fungsi doushi ta kei adalah untuk menyata verba lampau, dan dinamai verba bentuk ta karena di akhirnya selalu ta(meskipun ada da).
contoh nya: 食べるtaberu→食べた(tabeta)=telah/sudah makan)
bagaimana cara untuk merubah kata kerja ke bentuk ta, ok sini riizhu kasih tau ya(hug).

pertama kita kelompokin dulu verbanya ya:D yg belum tau, belajar lagi tentang kelompok2 kata kerja yang semalem kita bahas ya:p/(karna kalo gak ngerti pelajaran2 yg semalem, jngn harap bisa ngerti pelajaran2 berikutnya:s), okay, kita bahas kelompok yang paling mudah dulu ya, yang sulit belakangan aja(hug).

1 . cara mengubah verba kelompok 2(yang berakhiran iru/eru), caranya gampang banget minna:-= kamu cukup mengganti る(RU) dengan た(TA) misalnya:
食べ(taberu)=makan→食べ(tabeta)=tlh/sudah makan
(miru)=melihat→見(mita)=telah/sdh melihat
教え(oshieru)=mengajar→教え(oshieta)=tlh/sdh mengajar.
もう食べたの?
mou tabeta no?
apakah kamu sudah makan?

bagaimana minna?(hug) sudah paham apa belum:p, kalo paham mari kita lanjut ke verba berikutnya.

2. cara mengubah verba kelompok 3 (suru) ke bentuk ta, yang ini juga mudah ajja ko minna-san^^, kalian cukup ganti する(suru) dengan した(shita) ajja, contohnya :
勉強する(benykou suru)=belajar→勉強した(benkyou shita)=tlh/sdh belajar
する(aisuru)=mencintai→愛した(aishita)
仕事する(shigoto suru)=bekerja→仕事した(shigoto shita)=tlh/sdh bekerja
電話する(denwa suru)=menelepon→電話した(denwa shita)=tlh/sdh menelepon.

もう一年日本語を勉強したよ!
mou ichinen nihongo o benkyou shita yo!
aku sudah 1tahun belajar bahasa jepang lo!

3. bentuk ta dari kata kerja 来る(kuru), ini juga sangat sangat sangat mudah deh^^, bentuk lampau(ta)来る(kuru) adalah 来た(kita). misalnya :
インドネシアから来た
indoneshia kara kita
DATANG DARI INDONESIA

昨日あなたは大学に来たの?
kinou anata wa daigaku ni kita no?
kemarin, kamu datang ke universitas?.

4. yang terakhir dan juga yang paling sulit:pv makanya riizhu taruh di paling belakang^^ yaitu kata kerja kelompok 1 yang berakhiran う、る、つ、す、む、ぬ、ぶ、ぐ、く. untuk akhiran う(u)、つ(tsu)、る(ru) bentuk ta nya kamu ganti akhiran u/ru/tsu dengan った(tta) contohnya :
(kau)=membeli→買った(katta)=tlh membeli
(matsu)=menunggu→待った(matta)=tlh menunggu
わか(wakaru)=mengerti→わかった(wakatta)=tlh mengerti.

dan untuk yg berakhiran む(mu) ぬ(nu) dan ぶ(bu) kamu ganti dengan んだ(nda) : seperti :
(ayumu)=berjalan→歩んだ(ayunda)=tlh berjalan
(shinu)=mati→死んだ(shinda)=tlh mati
(asobu)=bermain→遊んだ(asonda)=tlh bermain.

Buat akhiran く(ku) ぐ(gu) dan す(su), く(ku) ganti dengan いた(ita), ぐ(gu) ganti dengan いだ(ida) dan す(su) ganti dengan した(shita) contohnya :
書く(kaku)=menulis→書いた(kaita)=tlh menulis
(isogu)=bergegas→急いだ(isoida)=tlh bergegas
(hanasu)=berbicara→話した(hanashita)=tlh berbicara

今日の授業は終りました
kyuo no jugyou wa owarimashita
pelajaran hari udah selesai:D
★つづく★

Tentang riizhu

just an ordinary human:)
Pos ini dipublikasikan di bahasa jepang, japanese conversation, kanji, TATA BAHASA. Tandai permalink.